Emak-emak Anak Difabelpun Puas, YDAI Marakkan Hari Disabilitas Internasional 2018

Home / Berita / Emak-emak Anak Difabelpun Puas, YDAI Marakkan Hari Disabilitas Internasional 2018

Perhelatan puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2018 di Bekasi berlangsung sangat meriah. Ribuan difabel dari penjuru daerah mulai dari anak-anak hingga usia dewasa dengan segala jenis difabelnya tampak memadati area parkir BDF Sumarecon Mall Bekasi sejak pukul 06.00 pagi, Senin (3/12/2018).

Acara perhelatan HDI 2018 dihadiri oleh Presiden RI, Gubernur Jawa Barat, Menteri Sosial dan beberapa pejabat terkait. Dalam perhelatan HDI 2018, Yayasan DIFFABLE ACTION Indonesia (YDAI) turutserta diundang untuk meramaikan ‘Expo Pameran’ dan mengirimkan 50 orang Kontingen anggota DIFFABLE ACTION dari Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok dan Kota Tangerang Selatan. Booth DIFFABLE ACTION menampilkan Handycraft hasil karya Difabel dan Orangtua anak Difabel.

“Kami melibatkan para orangtua anak Difabel yang dalam DIFFABLE ACTION tergabung dalam FORKED (Forum Keluarga Difabel) untuk membangkitkan jiwa kewirausahaan selain juga agar bisa menambah penghasilan. Karena anak-anak difabel membutuhkan biaya lebih besar dibanding anak non difabel, di antaranya untuk Therapy, Pembelian Alat Bantu dan Gizi untuk Tumbuhkembangnya,” terang Isna, Sekjen Yayasan DIFFABLE ACTION Indonesia.

Kali ini DIFFABLE ACTION menampilkan handycrat berupa Decoupage (Tas, Talenan, Tempat Aqua, Dompet, Wadah Pensil), Aksesoris Kawat Tembaga (Bros, Cincin, Gelang) dan Ecoprint (Syal, Hijab, Outer, Tote Bag dan Tas Selempang).

“Jazakumulloh khairon katsiron pada Bu Isna, karena sudah mengundang anak-anak Difabel pada acara ini. Barakallahu untuk DIFFABLE ACTION. Cucu saya yang Difabel Autism bisa bertemu dengan banyak sekali difabel di sini,” ujar Nenek Inshan dari Citeureup.

Lain lagi kegembiraan yang dirasakan Zainal anggota DIFFABLE ACTION dari Pabuaran Cikaret. “Saya sangat bersyukur jadi salahsatu yang diundang di acara HDI 2018. Saya bisa mengurus SIM D dan langsung jadi. Dan bisa berfoto bersama kang Emil, Gubernur Jawa Barat,” tutur Zainal.

Ita dari Rusun Menteng Asri, orangtua anak Difabel Daksa yang juga pengrajin aksesoris yang tergabung dalam Incubie UMKM DIFFABLE ACTION juga merasakan kebanggaannya. “Saya sangat bangga bisa ikut dalam acara HDI ini. Selain bisa mempromosikan produk karya saya. Saya juga berkesempatan foto bersama bapak Presiden RI, ” papar Ita sumringah.

Anggota DIFFABLE ACTION usia anak-anakpun turut hadir didampingi orangtua dan gurunya, di antaranya dari SLB Negeri Bogor – Karadenan dan dari SDN Batu Tulis 2 Kota Bogor.

“Terimakasih atas undangan DIFFABLE ACTION untuk anak-anak kami. Terimakasih karena sudah memilih kami. Anak-anak sangat gembira bisa ikut acara sebesar ini,” jelas Made, Kepala Sekolah SDN Batu Tulis 2 Bogor yang turut serta mendampingi saat acara.

“Kami atas nama Yayasan DIFFABLE ACTION Indonesia menghaturkan terimakasih kepada Kemensos, utamanya kepada Direktur Rehabsos yang sudah memberikan kami kesempatan untuk menampilkan karya Difabel pada Expo HDI 2018 dan mengundang kami mengirimkan Kontingen bersama Organisasi Difabel lainnya,” ungkap Isna.

(Cheyne Amandha Miranda)

Sumber:

Emak-emak Anak Difabelpun Puas, YDAI Marakkan Hari Disabilitas Internasional 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *